Home Berita Panji Gumilang Mengganti Cicilan Pinjaman Sebesar Rp 73 Juta yang Digunakan untuk...

Panji Gumilang Mengganti Cicilan Pinjaman Sebesar Rp 73 Juta yang Digunakan untuk Keperluan Iuran Santri

Jakarta – Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang membayar cicilan dana pinjaman yayasan pesantren sebesar Rp73 miliar menggunakan uang dari yayasan tersebut. Salah satu sumber dana yayasan tersebut berasal dari iuran orang tua santri.

“Jadi untuk dana yayasan ada berbagai macam sumber. Ada dari keluarga santri, Jammas (Jahe Membangun Masjid), ada beberapa yayasan pondok pesantren. Jadi banyak, ya (pendapatan yayasan),” ujar Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Badan Reserse Kriminal Polri, Brigadir Jenderal Polisi Whisnu Hermawan kepada wartawan, Kamis 2 November 2023.

Namun demikian, polisi masih akan menyelidiki kasus penggelapan dana yang dilakukan Panji. Mereka akan melacak berbagai sumber aset dan transaksi dana yang digunakan tidak sesuai dengan semestinya.

“Ya itu nanti kita dalami lagi, yang pasti bahwa untuk kepentingan yayasan peminjamannya. Tapi faktanya digunakan untuk kepentingan pribadi,” ujar dia lagi.

Sebelumnya telah dilaporkan bahwa pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang menggelapkan dana pinjaman yayasan pesantren sebesar Rp73 miliar. Dana tersebut didapat dari Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) pada tahun 2019.

“Dari analisa tersebut penyidik mempunyai bukti bahwa APG di tahun 2019 telah menerima pinjaman dari bank J-trust sejumlah Rp73 miliar. Dana tersebut yang dipinjam oleh yayasan,” ucap Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Badan Reserse Kriminal Polri, Brigadir Jenderal Polisi Whisnu Hermawan kepada wartawan, Kamis 2 November 2023.

Untuk diketahui, pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penggelapan dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) terkait dana Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) yang menaungi Ponpes Al Zaytun. Padahal, kasus dugaan penistaan agama yang membelitnya baru saja masuk ke persidangan.

Exit mobile version