Home Berita Program Prabowo-Gibran Dinilai Konkret dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045 menurut Ahli Analisis

Program Prabowo-Gibran Dinilai Konkret dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045 menurut Ahli Analisis

Program dan misi yang dimiliki oleh bakal calon presiden dan wakil presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dianggap memiliki roadmap untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Pendapat ini disampaikan oleh Analis Politik Forum Doktor Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI), Ade Reza Hariyadi.

Menurut Ade, program tersebut difokuskan untuk meningkatkan kualitas manusia, ketersediaan infrastruktur, dan kebijakan pemerintah. Terdapat beberapa program yang pro rakyat yang akan dilakukan oleh Prabowo-Gibran jika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode berikutnya. Program tersebut dirangkum dalam 8 misi Asta Cita.

Program-program yang diusung antara lain memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi dan hak asasi manusia (HAM). Selain itu, juga untuk memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau dan ekonomi biru.

Selain itu, fokus juga diberikan pada peningkatan lapangan kerja yang berkualitas, kewirausahaan, pengembangan industri kreatif, dan pembangunan infrastruktur. Prabowo-Gibran juga ingin memperkuat pembangunan sumber daya manusia, sains, teknologi, kesehatan, kesetaraan gender, serta peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas. Terdapat juga program hilirisasi, pembangunan dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan.

Selanjutnya, pasangan Prabowo-Gibran berkomitmen untuk memperkuat reformasi politik, hukum, dan birokrasi, serta pencegahan dan pemberantasan korupsi dan narkoba. Mereka juga ingin memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam, budaya, serta meningkatkan toleransi antarumat beragama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

Ade Reza meyakini bahwa Prabowo-Gibran adalah pasangan yang kompeten dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Dukungan dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk Presiden Jokowi dan mantan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), juga menjadi faktor positif bagi Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024 mendatang.

Artikel ini ditulis pada Jumat, 3 November 2023.

Exit mobile version