Home Berita Dua Kapal Pengungsi Rohingya Mendarat di Aceh dalam Selisih Waktu 2 Jam...

Dua Kapal Pengungsi Rohingya Mendarat di Aceh dalam Selisih Waktu 2 Jam Hari Ini

Minggu, 10 Desember 2023 – 17:37 WIB

Aceh – Dua kapal yang membawa pengungsi Rohingya dari Bangladesh tiba di Aceh pada hari Minggu, 12 Desember 2023, membawa 337 orang. Kedua kapal tersebut hanya berselisih 2 jam untuk berlabuh di Tanah Rencong.

Kapal pertama tiba di Pantai Desa Blang Raya, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie pada pukul 03:30 WIB dengan membawa 202 orang.

Sementara kapal kedua mendarat di Pantai Blang Ulam, Desa Lamreh, Kabupaten Aceh Besar, dengan membawa 135 orang. Mereka tiba pada pukul 05:30 WIB.

“Pada pukul 03:30 WIB dan 05:30 WIB, ada 2 kapal tiba di Blang Raya Pidie dan Blang Ulam Aceh Besar,” kata Panglima Laot Aceh, Miftach Cut Adek, pada hari Minggu, 12 Desember 2023.

Miftach menyatakan bahwa menurut keterangan pengungsi Rohingya yang dapat berbicara dalam bahasa Melayu dan mendarat di Aceh Besar, kapal mereka terpaksa mendarat di Aceh Besar karena mesin rusak, bocor, dan stok makanan habis.

Sejak pertengahan November 2023, telah terjadi 9 gelombang kedatangan pengungsi Rohingya ke Aceh. Masing-masing 4 kapal mendarat di Kabupaten Pidie, 2 kapal di Sabang, dan masing-masing 1 kapal di daerah Aceh Timur, Bireuen, dan Aceh Besar. Total pengungsi Rohingya dari 9 gelombang kedatangan tersebut mencapai 1.537 orang.

Perwakilan UNHCR Indonesia, Munawaratul Makhya, memastikan bahwa ratusan etnis Rohingya yang baru tiba hari ini sudah mendarat di Aceh. Saat ini, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat untuk tindak lanjut.

Exit mobile version