Home Berita Nyesal Saya Hadir di Debat Kusir, Tidak Capres!

Nyesal Saya Hadir di Debat Kusir, Tidak Capres!

Rabu, 13 Desember 2023 – 17:48 WIB

Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango juga memberikan pendapatnya mengenai debat capres di KPU pada Selasa, 12 Desember 2023 malam yang membahas masalah pemberantasan korupsi. Ketiga calon presiden sepakat untuk memiskinkan koruptor jika mereka melakukannya.

Nawawi menilai bahwa jawaban ketiga calon presiden tersebut sangat normatif. Sejatinya, koruptor memang harus dimiskinkan sesuai dengan UU Perampasan Aset yang sebentar lagi akan disahkan. Dia juga mengaku bahwa dirinya mendapatkan undangan untuk datang ke debat capres semalam.

“Semalam saya ikut juga karena diundang menyaksikan debat kusir, eh maaf debat capres. Capek-capek dari sini saya bela-belain ke sana saya ingin mendengar ada konsep pemberantasan korupsi yang bisa ditawarkan oleh beliau,” ujar Nawawi kepada wartawan di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu 13 Desember 2023.

Adapun debat capres yang digelar perdana di KPU itu membahas tema Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

Menurut Nawawi, tidak ada gagasan yang terbaru dalam penyampaian para capres tersebut. Dia mengatakan para capres hanya menyatakan akan menguatkan KPK tanpa menjelaskan lebih jauh cara penguatan tersebut. “Bahasanya ya hanya berantas korupsi gitu, menguatkan KPK. Tapi seperti apa? Enggak ada juga. Saya jadi nyesal kenapa harus bermacet-macet semalam,” kata dia.

Saat ini, kata Nawawi, hanya tersisa optimistis terhadap perubahan di tubuh KPK. Perubahan itu, kata Nawawi, bersumber pada integritas pegawai KPK yang diyakininya masih tersisa. “Kalau sisa optimisme yang tersisa yang saya katakan tadi integritas insan-insan KPK saya yakini itu masih ada,” pungkas Nawawi.

Exit mobile version