Home Berita Guru dan Siswa SMPN 8 Pekanbaru Mencetak Prestasi Internasional di Bidang STEM...

Guru dan Siswa SMPN 8 Pekanbaru Mencetak Prestasi Internasional di Bidang STEM di China

Guru dan siswa dari SMP Negeri 8 Pekanbaru kembali mencatatkan prestasi membanggakan di kancah internasional. Sekolah yang merupakan salah satu Sekolah STEM (Science, Technology, Engineering and Math) angkatan pertama binaan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) dan SEAMEO QITEP In Science (SEAQIS) berhasil meraih medali emas dalam ajang 8th Belt and Road Teenager Maker Camp & Teacher Workshop yang diselenggarakan oleh China Association for Science and Technology (CAST), Kementerian Sains dan Teknologi Republik Rakyat Tiongkok (MOST), dan Pemerintah Provinsi Yunnan di ibu kota Provinsi Yunnan.

Guru inspiratif Elly Yunita bersama siswa-siswinya, Cleora Ardhintya Zhafira, Khalisa Azkadina Maysa, dan Ingrid Dwita Aurelia Tarigan menunjukkan prestasi gemilang dalam kompetisi tersebut.

Partisipasi dalam acara ini tidaklah mudah. Elly dan siswa-siswanya harus bersaing dengan peserta dari berbagai negara yang memiliki latar belakang pendidikan STEM yang kuat. Namun, berkat dukungan dari SEAQIS dan PT Pertamina Hulu Rokan (PT PHR), mereka berhasil menyiapkan diri dengan baik. Program STEM yang dijalani di sekolah memberikan dasar yang kuat, sehingga memungkinkan mereka untuk mengembangkan proyek-proyek inovatif dan solutif.

Dalam ajang ini, Cleora, Khalisa, dan Ingrid berhasil mencuri perhatian juri dengan proyek inovatif mereka yang berfokus pada solusi keberlanjutan. Mereka berhasil menciptakan 2 proyek inovatif, yaitu Prototipe Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Pembuatan fidget spinners & pakaian bercahaya menggunakan energi tenaga surya.

Lomba STEM tingkat internasional ini berlangsung dalam format campuran, daring, dan luring dengan tema “Dream of Future Science, Dedication to Better World”. Acara ini memecahkan rekor partisipasi tertinggi dengan melibatkan sekitar 300 guru dan pelajar dari 37 negara dan wilayah.

Keberhasilan ini menegaskan pentingnya program pembinaan yang dilakukan oleh SEAQIS dan PHR WK Rokan. Prestasi ini juga menjadi bukti bahwa dengan dukungan yang tepat, sekolah di Indonesia mampu bersaing di tingkat global.

PHR WK Rokan, anak perusahaan Pertamina di bidang usaha hulu minyak dan gas bumi, menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) dengan fokus pada pendidikan. Melalui program STEM tersebut, PHR berkomitmen dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Semoga prestasi ini dapat menginspirasi guru dan siswa lain di Indonesia untuk terus berinovasi dan berprestasi di bidang pendidikan STEM.

Exit mobile version