Home Politik Pilgub Maluku Utara Pasca Kematian Benny Laos

Pilgub Maluku Utara Pasca Kematian Benny Laos

Calon gubernur (cagub) Maluku Utara (Malut) Benny Laos meninggal setelah speedboat yang dia tumpangi meledak dan terbakar di Pelabuhan Bobong, Desa Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, Sabtu (12/10) lalu. Selain Benny, sejumlah politikus dan anggota kepolisian juga meninggal dalam kejadian tersebut.

Benny adalah Bupati Pulau Morotai periode 2017-2022. Dalam Pilgub Malut 2024, Benny berpasangan dengan Sarbin Sehe. Delapan partai politik sepakat untuk mendukung pasangan tersebut, yaitu Nasdem, PKB, Demokrat, PAN, PPP, Gelora, PSI, dan Partai Buruh.

Selain Benny-Sarbin, Pilgub Malut 2024 juga diikuti oleh tiga pasangan kandidat lain, yaitu Husein Alting-Asrul Rasyid (Husein-Asrul), Aliong Mus-Sahril Thahe (AM-SAH), dan Muhammad Kasuba-Basri Salama (Kasuba-Basri).

Namun, hasil survei beberapa lembaga menunjukkan bahwa elektabilitas Benny-Sarbin mendominasi. Survei Pusat Studi Demokrasi dan HAM (Pusdiham) pada Oktober 2024 menunjukkan tingkat keterpilihan Benny-Sarbin sebesar 40,8%. Peserta terdekat, Husein-Asrul hanya meraih 22,5%.

Saat ini, keempat partai politik pendukung Benny-Sarbin menyetujui untuk mengusulkan Sherly Tjoanda sebagai pengganti Benny. Sherly adalah istri Benny yang selamat dalam kecelakaan tersebut. Saat ini, Sherly sedang dirawat di RSPAD Jakarta.

Menurut Ardha Ranadireksa, kematian Benny Laos berpotensi mengubah dinamika politik dalam Pilgub Malut 2024. Tanpa Benny, peluang pasangan calon lain untuk menang dalam pertarungan politik dapat bertambah.

Sherly cukup populer di Maluku Utara dan sering mendampingi Benny dalam kegiatan kampanye. Namun demikian, menurut Ardha, Sherly tidak lantas mewakili Benny. Jika Sherly gagal mempertahankan asosiasi yang kuat dengan Benny, pasangan calon lain dapat memanfaatkan situasi ini.

Yohanes Jimmy Nami menilai penggantian Benny dengan Sherly adalah keputusan yang tepat. Sherly memiliki kapasitas untuk menjadi kepala daerah berdasarkan pengalaman politiknya dan dukungan masyarakat. Menurut Jimmy, Parpol koalisi perlu memperkenalkan Sherly sebagai calon yang memiliki kesamaan visi-misi dengan Benny.

Source link

Exit mobile version