Home Otomotif Mengatasi Wiper Mobil yang Mati secara Mudah

Mengatasi Wiper Mobil yang Mati secara Mudah

Jumat, 18 Oktober 2024 – 16:52 WIB

Jakarta, VIVA – Salah satu komponen penting dalam mobil, Wiper memiliki fungsi untuk membersihkan kaca depan dari air hujan, debu, atau kotoran lainnya agar visibilitas pengemudi tetap optimal.

Baca Juga :

Persiapan Musim Hujan, Catat Waktu yang Tepat Ganti Wiper Mobil

Meskipun sering dianggap sebagai komponen sepele, wiper yang bermasalah atau tiba-tiba mati tentu saja bisa mengganggu keselamatan berkendara, terutama saat cuaca buruk.

Dikutip VIVA dari laman resmi Auto2000, ada beberapa faktor penyebab wiper mobil mati. Meskipun demikian, para pemilik mobil tidak perlu khawatir terkait hal ini karena ada cara mudah untuk memperbaikinya.

Baca Juga :

Musim Panas Ini Bagian Mobil yang Perlu Diperhatikan Ketika Parkir

Penyebab umum dari matinya wiper mobil adalah karet wiper yang aus. Jika sudah aus atau mengeras, sebaiknya pemilik segera menggantinya dengan karet yang lebih lentur.

Ilustrasi wiper mobil dalam posisi terangkat.

Baca Juga :

Wiper Mobil Tidak Perlu Diangkat saat Parkir, Ini Alasannya

Selain membuat sapuan terhadap air di permukaan kaca tidak merata, karet yang mengeras juga bisa menyebabkan kaca mobil baret.

Kemudian, gerakan wiper yang lambat juga bisa menjadi penyebab wiper mobil tiba-tiba mati.

Hal ini biasanya disebabkan karena ada bagian dalam sistem penggerak wiper yang kotor. Hal tersebut berdampak pada arus listrik dan biasanya membuat engkol wiper terhambat. Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan tahanan koil tersebut.

Selain itu, lambatnya alur wiper ini disebabkan oleh karat di dalam komponen wiper tersebut. Sehingga, kinerja wiper tidak optimal atau sapuannya menjadi lambat.

Cara mengatasinya, bersihkan engkol dari karat dan semprot bagian tersebut dengan cairan anti karat.

Faktor lain yang membuat wiper mobil tiba-tiba mati adalah wiper yang tidak bergerak sama sekali. Kemungkinan pertama dari kejadian tersebut adalah motor listrik yang sudah aus. Jika terjadi hal tersebut, tidak ada pilihan lain selain menggantinya dengan yang baru.

Kemungkinan kedua adalah sekring yang bermasalah. Jika sekring terputus, itu berarti ada arus listrik yang berlebihan. Oleh karena itu, pemilik harus memantau rangkaian dan hubungan antar kabel yang terkait dengan sekring.

Penyebab lainnya adalah dinamo wiper bermasalah, biasanya disebabkan oleh hubungan singkat arus listrik pada mobil. Jika sudah seperti itu, wiper mobil dianggap rusak total dan harus diganti.

Halaman Selanjutnya

Fenomena ini biasanya disebabkan karena ada bagian dalam sistem penggerak wiper yang kotor. Hal tersebut berdampak pada arus listrik dan biasanya membuat engkol wiper terhambat. Cara untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan tahanan koil tersebut.

Source link

Exit mobile version