Home Otomotif Honda Step WGN: Pesaing Tangguh Toyota Voxy, Alternatif Pengganti Odyssey di Indonesia

Honda Step WGN: Pesaing Tangguh Toyota Voxy, Alternatif Pengganti Odyssey di Indonesia

Senin, 22 Juli 2024 – 21:21 WIB

Honda Odyssey yang dijual oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) sejak tahun 2005 akhirnya tidak lagi dipasarkan sejak tahun 2021. Calon penggantinya adalah All New Honda Step WGN.

Artinya naik kelas, jika Odyssey digantikan Step WGN e:HEV yang dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, pada 18-28 Juli 2024.

“Secara panjang sama, tapi Odyssey lebih lebar, Step WGN lebih tinggi. Ada banyak posisi duduk, kursi kapten otonom, power tailgate, 7-seater,” ujar Senior Manager New Business Planning PT HPM, Ferdianto Budiono, dikutip, Senin 22 Juli 2024.

Namun sayangnya produsen mobil dengan logo H belum mengumumkan jadwal penjualan Step WGN di Indonesia. Di Jepang, MPV pintu geser ini sudah dijual sejak tahun 2022 dengan beberapa perubahan.

Mobil yang menjadi pesaing Toyota Voxy dan Nissan Serena ini ditawarkan dalam dua varian dengan desain eksterior sedikit berbeda, yaitu Step WGN Air, dan Step WGN Spada.

Secara penampilan, varian Spada lebih agresif dengan grill besar horizontal berbentuk kota dengan aksen lubang-lubang kecil dipadukan aksen krom di bawahnya, dan garis krom yang memisahkan kap mesin dengan bumper.

Sedangkan wajah Air lebih simpel atau minimalis, tidak banyak aksen rumit yang menempel di bumper. Tapi secara keseluruhan desain kap mesin, dan lampu depan serupa. Didukung LED sebagai penerangan utama, dan DRL (daytime running light).

Begitu juga pada sektor samping, tidak ada perbedaan dari bentuk fender, bodi, pintu gesernya, dan pelek dual tone model bintang. Untuk bagian belakang, perbedaannya Spada dilengkapi spoiler dengan high mount stop lamp.

Mobil yang dapat menampung tujuh penumpang ini dilengkapi kursi model captain seat pada baris kedua, dan dilengkapi dengan layanan kaki yang akan keluar otomatis. Seluruh kursi dibalut bahan semi kulit.

Secara keseluruhan interior dibalut warna hitam, dashboard, door trim, dan plafon. Desain ruang kabin pengemudi mirip Civic terbaru dengan garis serba lurus. Sistem hiburannya didukung head unit model floating berukuran 11,4 inci.

Layar intrumen menampilkan informasi digital berwarna, untuk hiburan penumpang belakang disediakan layar di plafon berukuran 15 inci. Fitur-fitur yang terdapat di dalam mobil MPV tersebut meliputi Honda Connect dan Honda Sensing.

Dapur pacu Honda Step WGN e:HEV memiliki satu powertrain dengan CR-V e:HEV yang sudah dijual di Indonesia, yaitu menggabungkan mesin bensin empat silinder 2.000cc dengan penggerak motor listrik untuk memutar roda depan.

Source link

Exit mobile version