Saturday, September 21, 2024

SF Hariyanto Berjanji Menaikkan...

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto berjanji untuk meningkatkan tunjangan penghasilan Kepala...

Pabrik Baterai Mobil Listrik...

Sabtu, 21 September 2024 - 13:37 WIB Jakarta, VIVA – Dalam upaya untuk memperkuat...

Prabowo Subianto Bertemu dengan...

Manila — President-elect of Indonesia and current Minister of Defense, Prabowo Subianto, paid...

Wakil Ketua Sementara DPRD...

Nusaperdana.com, Mandau - Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Bengkalis M. Arsya Fadillah menghadiri...
HomeOtomotifInilah Mobil Hybrid...

Inilah Mobil Hybrid Honda Pertama di Dunia yang Baru Diketahui

Kamis, 8 Agustus 2024 – 20:28 WIB

Teknologi hybrid saat ini digunakan oleh beberapa merek mobil di seluruh dunia. Menggabungkan mesin pembakaran, baterai, dan dinamo, sehingga memiliki dua sumber energi untuk mengurangi emisi dan efisiensi bahan bakar.

Sebagian besar sistem hybrid yang beredar di pasaran pada awalnya menggunakan sistem paralel, di mana mesin bensin akan otomatis menyala untuk menggerakkan roda ketika baterai sudah tidak mampu lagi memutar roda. Energi listrik yang digunakan sebagai sumber penggerak roda hanya berfungsi pada kecepatan rendah atau bekerja bersamaan dengan mesin pembakaran.

Meskipun teknologi ramah lingkungan ini masih digunakan hingga saat ini dengan berbagai pengembangan, ternyata sejak 1999 Honda telah membuat mobil hybrid bernama Honda Insight. Saat itu masih menggunakan mild hybrid seperti yang digunakan oleh Suzuki Ertiga atau XL7 saat ini. Dinamai IMA (Integrated Motor Assist) yang membantu kinerja mesin sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.

Selain Insight, sistem semi hybrid juga digunakan pada CR-Z yang pernah dijual di Indonesia. Saat ini, teknologi ramah lingkungan itu dikembangkan menjadi sistem paralel atau hybrid murni. Berubah menjadi Intelligent Multi Mode Drive (i-MMD), di mana sistem dual motor powertrain (baterai dan mesin) bekerja bersamaan dan saling mendukung. Kinerja dari teknologi ini menghasilkan akselerasi yang bertenaga namun tetap halus, sehingga efisiensi bahan bakar dapat dimaksimalkan. Sistem i-MMD diterapkan pada CR-V generasi ke-5 dan Accord Hybrid generasi 10.

Selanjutnya, sistem ini dikembangkan menjadi e:HEV (Hybrid Electric Vehicle), dengan penggerak roda didominasi oleh energi listrik, baik pada kecepatan rendah maupun saat mobil berjalan konstan. Honda memiliki berbagai lini mobil yang menggunakan teknologi e:HEV seperti Fit atau Jazz, City, Civic, Vezel (HR-V), ZR-V, Odyssey, Step WGN, atau All New CR-V and Accord yang sudah dipasarkan di Indonesia. Sistem teknologi hybrid Honda lainnya, yaitu three-motor Super Handling All-Wheel Drive (SH-AWD) diperkenalkan pada Acura NSX generasi kedua, dengan sistem powertrain tiga motor.

“Teknologi hybrid Honda juga dikembangkan sebagai powertrain dalam balap Formula 1 sejak 2015. Sistem hybrid digunakan untuk menghasilkan daya tambahan dan daya regeneratif pada unit daya mesin turbo,” tulis keterangan resmi PT Honda Prospect Motor, dikutip pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Source link

Semua Berita

Pabrik Baterai Mobil Listrik Wuling akan Dibangun di Indonesia

Sabtu, 21 September 2024 - 13:37 WIB Jakarta, VIVA – Dalam upaya untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin di pasar mobil listrik Indonesia, Wuling Motor berencana untuk memulai produksi baterai lokal pada akhir tahun ini. Baca Juga : BYD Kalahkan Wuling hingga Hyundai...

Pembalap MotoGP 2025 Melengkapi Susunan Tim Setelah Jack Miller Bergabung dengan Pramac Racing

Jumat, 20 September 2024 - 22:33 WIB Jakarta, VIVA – Susunan pembalap MotoGP 2025 akhirnya resmi lengkap setelah Jack Miller resmi bergabung dengan Pramac Racing untuk musim depan. Di mana, Pramac Racing akan menjadi tim satelit untuk Yamaha. Baca Juga : MotoGP...

Bak Jagoan Pengendara Mobil Honda Ini Menembak Pajero Sport di Jalan

Jumat, 20 September 2024 - 17:15 WIB VIVA – Aksi koboi pengguna mobil Honda BR-V yang menembaki mobil Mitsubishi Pajero Sport di jalan viral di dunia maya. Tidak diketahui penyebab pasti yang memicu pengendara tersebut menjadi emosi.Dalam unggahan video di Instagram @infokejadiandemak,...

Kategori Berita