Saturday, October 5, 2024

Polres Inhil Berhasil Diamankan...

Sat Resmob Polres Inhil berhasil mengamankan seorang pelaku penikaman yang terjadi di Tembilahan...

Uang Pecahan 10 Ribu...

Uang pecahan 10 ribu emisi 2005 merupakan salah satu jenis uang kertas yang...

Leganes: Menjelajahi Kota Bersejarah...

Leganes, sebuah kota yang terletak di komunitas Madrid, Spanyol, memiliki sejarah panjang dan...

Nike Ardilla: Legenda Musik...

Nike Ardilla, nama yang tak asing di telinga para pecinta musik Indonesia. ...
HomeBeritaAnwar Iskandar, Ketua...

Anwar Iskandar, Ketua Umum MUI, Menggarisbawahi Pentingnya Menjaga Pemilu Agar Bangsa Tidak Terpecah Belah

Sabtu, 18 November 2023 – 06:30 WIB

Jakarta – Ketua Majelis Ulama Indonesia atau MUI, KH. Anwar Iskandar, menyatakan bahwa agenda besar saat ini bagi Majelis adalah menjaga agar pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar dan aman. Terpenting, kata dia, tidak terjadi perpecahan dan merusak persatuan bangsa akibat pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Kepentingan besar yang harus dijaga MUI adalah bagaimana pemilu ini atau pemilu yang akan datang ini tidak membelah persatuan bangsa,” kata Anwar di Jakarta pada Jumat, 17 November 2023.

Karena, persatuan bangsa Indonesia adalah modal besar yang sangat dibutuhkan oleh bangsa ini untuk membawa misi ke depan yang lebih maju lagi. Maka dari itu, ia menyebut organisasi Islam yang menjadi anggota MUI akan dikerahkan melakukan edukasi kepada masyarakat nantinya.

“Majelis Ulama Indonesia memiliki anggota puluhan, 80 ormas Islam yang akan memberikan edukasi kepada masyarakat, imam-imam, mubaligh, dai supaya tetap bisa menjaga ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathoniyah, menjaga persatuan Indonesia,” ujarnya.

Jadi, pemilu ini bukan tujuan akhir. Tetapi, pemilu hanya bagian dari sekian instrumen untuk membangun demokrasi. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat tidak terpecah belah hanya karena adanya perbedaan pilihan pada Pemilu 2024.

“Tidak boleh kemudian karena pilihan berbeda, menjadikan bangsa ini terbelah. Itu kepentingan besar dari MUI yang harus kita amankan bersama-sama,” pungkasnya.

Sebelumnya Wakil Presiden, Ma’ruf Amin mengingatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) harus bersikap netral dalam penyelenggaraan Pemilu 2024. Seperti ketika MUI bersikap netral ketika dirinya maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo pada Pilpres 2019.

“MUI memposisikan dirinya bersikap netral ya, secara kelembagaan. Jadi netralitas MUI itu saya sampaikan. Sejak dulu MUI dalam menghadapi pemilu itu secara kelembagaan netral. Bahkan, waktu saya menjadi calon dulu ya wakil presiden, saya minta MUI secara kelembagaan netral,” kata Ma’ruf di Jakarta pada Jumat, 17 November 2023.

Menurut dia, pemilihan itu urusan masing-masing dan sifatnya personal. Secara kelembagaan, kata dia, MUI akan terus menjaga harmonis dan menjaga bangsa ini tidak terpecah belah.

“Oleh karena itu, selalu membuat imbauan-imbauan untuk tidak terjadi permusuhan, kebencian, hoaks dan sebagainya,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya

Semua Berita

Polres Inhil Berhasil Diamankan Seorang Pelaku Penikaman

Sat Resmob Polres Inhil berhasil mengamankan seorang pelaku penikaman yang terjadi di Tembilahan Kota, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Peristiwa ini terjadi antara pemuda pada Jumat malam (4/10/2024) di Jalan Kapten Mukhtar Tembilahan. Akibat penikaman tersebut, 2 orang...

Arsenal vs Southampton: Duel Sengit Dua Tim Premier League

Arsenal vs Southampton - Pertandingan antara Arsenal dan Southampton selalu menjadi laga yang menarik dan penuh persaingan. Kedua tim ini memiliki sejarah panjang di Premier League, dengan masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahannya sendiri. Dalam pertandingan yang akan...

Kodim 0322 Siak Siap Memantau Pemilihan Pemimpin Nasional

Nusaperdana.com, Siak - Upacara Peringatan HUT TNI ke-79 Tahun 2024 berlangsung pada Sabtu, 5 Oktober 2024, pukul 08.40 WIB di Lapangan Upacara Makodim 0322/Siak. Dengan tema "TNI MODERN BERSAMA RAKYAT SIAP MENGAWAL SUKSESI KEPEMIMPINAN NASIONAL UNTUK INDONESIA MAJU," acara...

Kategori Berita