Saturday, October 5, 2024

DPR yang Pensiun Seumur...

Baru saja dilantik beberapa hari yang lalu, DPR RI periode 2024-2029 akan segera...

Kodim 0322 Siak Siap...

Nusaperdana.com, Siak - Upacara Peringatan HUT TNI ke-79 Tahun 2024 berlangsung pada Sabtu,...

Survey: 73.3% Masyarakat Mendukung...

Jakarta — A recent survey conducted by Indikator between September 22 and 29,...

5 Brand yang Tetap...

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 12:26 WIB Jakarta, VIVA - Pasar otomotif Indonesia selama...
HomeBeritaInovasi Groundbreaking dari...

Inovasi Groundbreaking dari Serangkaian Proyek di IKN pada Tahun 2023

Jakarta – Pemerintah sedang aktif membangun Ibu Kota Nusantara (IKN), baik dari sisi infrastruktur maupun hunian agar Ibu Kota Negara bisa segera pindah dari Jakarta ke Kalimantan. Beberapa proyek mega juga telah melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking sepanjang tahun 2023.

Pada bulan September 2021, Presiden Jokowi melakukan groundbreaking pembangunan Hotel Nusantara di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Jokowi melakukan groundbreaking hotel Nusantara yang dibangun oleh konsorsium pengusaha Indonesia.

Pada tanggal 22 September 2023, Presiden Jokowi juga melakukan groundbreaking pembangunan Pusat Pelatihan Nasional atau National Training Center Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Kemudian, pada tanggal 23 September 2023, proyek yang dimulai pembangunannya adalah Hotel Vasanta. Setelah itu, pada hari Rabu, 1 November 2023, Presiden Jokowi melakukan groundbreaking Rumah Sakit (RS) Hermina Nusantara di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Jokowi meyakini kehadiran RS tersebut akan meningkatkan kepercayaan masyarakat dan investor untuk tinggal dan berinvestasi di IKN.

Pada bulan November 2023, terdapat banyak proyek lain yang dimulai pembangunannya atau melakukan groundbreaking seperti Rumah Sakit Mayapada Hospital Nusantara, Superblok Pakuwon Nusantara, Nusantara Intercultural School, dan Pembangunan bandar udara (Bandara) di IKN Nuasantara yang juga telah melakukan groundbreaking pada tanggal yang sama.

Untuk semakin menarik minat investor berinvestasi di IKN, Presiden Joko Widodo juga melakukan groundbreaking Kompleks Perkantoran Bank Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, 2 November 2023.

Proyek lainnya dilakukan di bulan Desember 2024 seperti Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Kabupaten Penajam Paser Utara, pembangunan apartemen The Pakubuwono Nusantara, pembangunan gedung Komando Distrik Militer (Kodim) Kawasan IKN, dan pembangunan Gedung Polres Khusus Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), di Provinsi Kalimantan Timur.

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mencatat total realisasi komitmen peminatan investasi di IKN mencapai Rp41,4 triliun selama tiga rangkaian peletakan batu pertama (groundbreaking) tahap 1 hingga tahap 3 pada 2023.

Pemerintah memberikan berbagai insentif dan kompensasi kepada korporasi yang berminat berinvestasi di IKN yang diatur dalam PP No. 12 Tahun 2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara.

Pembangunan IKN turut melestarikan lingkungan. Konsep kota pintar berwawasan lingkungan sebagai kota hutan menjadi prioritas, menandakan komitmen terhadap masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Pada bulan November 2023, banyak proyek yang dimulai pembangunannya atau melakukan groundbreaking. Diantaranya adalah Rumah Sakit Mayapada Hospital Nusantara, yang groundbreaking Rabu, 1 November 2023, Superblok Pakuwon Nusantara, Nusantara Intercultural School, dan Pembangunan bandar udara (Bandara) di IKN Nuasantara juga sudah dilakukan groundbreaking pada tanggal yang sama, Rabu, 1 November 2023.

Untuk semakin menarik minat investor berinvestasi di IKN, Presiden Joko Widodo juga melakukan groundbreaking Kompleks Perkantoran Bank Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, 2 November 2023. Presiden Jokowi meyakini pembangunan tersebut akan makin meningkatkan kepercayaan publik dan dunia usaha pada IKN dan mendukung pertumbuhan ekonomi di IKN.

Pemerintah memberikan berbagai insentif dan kompensasi kepada korporasi yang berminat berinvestasi di IKN yang diatur dalam PP No. 12 Tahun 2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara.

Pembangunan IKN tak hanya menjanjikan kemajuan ekonomi, melainkan turut melestarikan lingkungan. Konsep kota pintar berwawasan lingkungan sebagai kota hutan menjadi prioritas, menandakan komitmen terhadap masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Semua Berita

Kodim 0322 Siak Siap Memantau Pemilihan Pemimpin Nasional

Nusaperdana.com, Siak - Upacara Peringatan HUT TNI ke-79 Tahun 2024 berlangsung pada Sabtu, 5 Oktober 2024, pukul 08.40 WIB di Lapangan Upacara Makodim 0322/Siak. Dengan tema "TNI MODERN BERSAMA RAKYAT SIAP MENGAWAL SUKSESI KEPEMIMPINAN NASIONAL UNTUK INDONESIA MAJU," acara...

PPID Kampar Meminta Tambahan Waktu untuk Perpanjangan Data Mobil Dinas

KAMPAR, Nusaperdana.com - Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Kampar meminta perpanjangan waktu selama 7 hari kerja terkait data mobil dinas milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang dikuasai oleh orang yang tidak berhak menggunakannya. Hal ini disampaikan oleh anggota...

Analisis Hasil Pengukuran Stunting di Kecamatan Tembilahan Hulu

Prevalensi stunting di Kecamatan Tembilahan Hulu mengalami peningkatan signifikan dari 29 kasus pada tahun 2022 menjadi 54 kasus pada tahun 2023. Namun, terjadi penurunan sekitar 33,3% pada tahun berikutnya, yaitu dari 54 kasus pada tahun 2023 menjadi 36 kasus...

Kategori Berita