Saturday, September 21, 2024

Tottenham Hotspur: Sejarah, Prestasi,...

Tottenham Hotspur, klub sepak bola ternama asal London Utara, telah menorehkan jejak panjang...

Silmy Karim: Tokoh Penggerak...

Silmy Karim, seorang tokoh berpengaruh di industri pertambangan dan energi Indonesia, telah menorehkan...

Tidak Hanya di Kabupaten...

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bengkalis, Aready, merespons keterlambatan...

Pecco Bagnaia Keluar Sebagai...

Sabtu, 21 September 2024 - 20:54 WIB Jakarta, VIVA – Francesco Bagnaia menjadi juara...
HomeOtomotifSiap-siap Menanggung Risiko...

Siap-siap Menanggung Risiko dengan Membayar Mobil di Bawah Tangan

Selasa, 11 Juni 2024 – 15:44 WIB

Jakarta – Tidak semua orang mampu membeli mobil baru dengan pembayaran tunai, sebagian dari mereka memilih kredit dengan menyesuaikan kondisi keuangannya, baik untuk uang muka, atapun angsuran per bulan.

Baca Juga :

Kaca Mobil Pecah hingga Kena Wajah Usai Spion Mobil Ditendang Pemotor Viral di Puncak Bogor

Saat ini lembaga pembiayaan, atau leasing yang bekerja sama dengan diler mobil menyediakan berbagai paket kredit. Tujuannya untuk mempermudah konsumen memiliki unit sesuai dengan kemampuan.

Awalnya debitur merasa mampu menyelesaikan cicilan mobil yang dibeli, tapi ada saja yang macet di tengah jalan, hingga akhirnya mobil ditarik leasing. Tentu faktor utamanya karena kondisi ekonomi yang berubah.

Baca Juga :

Tersangka Pengeroyokan Bos Rental hingga Tewas di Pati Bertambah, Total Jadi 4 Orang

Jika hal itu terjadi, beberapa orang mengakalinya dengan mencari konsumen yang ingin meneruskan kredit mobilnya tersebut. Cara itu dilakukan agar tidak rugi besar, karena sudah mengeluarkan sejumlah uang.

Setidaknya dengan over kredit, uang muka dan cicilan yang sudah dibayarkan pemilik pertama bisa balik lagi ke kantong, meski nilainya tidak utuh.

Baca Juga :

Deretan Pilihan Mobil Baru per Juni 2024 dengan Harga Rp 100 Jutaan

Tapi jika melimpahkan mobil itu kepada orang lain untuk meneruskan kredit, tanpa sepengetahuan leasing bisa berbahaya, dan merugikan kedua belah pihak, karena sudah diatur dalam undang-undang.

Financial Educator dan Riset Lifepal yang merupakan salah satu marketplace asuransi, Aulia Akbar, mengatakan, over kredit di bawah tangan lebih cepat, tapi lemah dari sisi hukum, dan dilarang dalam undang-undang.

Larangan over kredit tanpa pemberitahuan kepada lembaga peminjaman uang alas lising sudah dijelaskan cukup lengkap di dalam Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia, Pasal 23 ayat (2).

Apabila tidak mendapatkan persetujuan tertulis dari penerima fidusia, atau leasing bersangkutan dengan kata lain over kredit di bawah tangan, maka bisa diancam pidana penjara paling lama 2 tahun, denda paling banyak Rp500 juta seperti yang tertulis dalam Pasal 36 UU Fidusia.

Dalam UU itu dijelaskan Pemberi Fidusia dilarang mengalihkan, menggadaikan, menyewakan kepada pihak lain, benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia yang tidak merupakan benda persediaan, kecuali dengan persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Penerima Fidusia.

Mobil over kredit bakal menggugurkan asuransi karena saat perjanjian menggunakan nama pemilik pertamanya. Artinya, pihak asuransi tidak melakukan perjanjian dengan tangan kedua, sehingga tidak bisa diklaim oleh konsumen yang meneruskan kredit tersebut.

Tidak heran jika adalah larangan over kredit di bawah tangan, karena dikhawatirkan pembeli, orang kedua tidak membayar cicilan, leasing akan sulit mencari keberadaan mobil tersebut.

Halaman Selanjutnya

Larangan over kredit tanpa pemberitahuan kepada lembaga peminjaman uang alas lising sudah dijelaskan cukup lengkap di dalam Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia, Pasal 23 ayat (2).

Source link

Semua Berita

Pecco Bagnaia Keluar Sebagai Pemenang Sprint Race MotoGP Emilia Romagna 2024, Marquez Tidak Mampu Meraih Podium

Sabtu, 21 September 2024 - 20:54 WIB Jakarta, VIVA – Francesco Bagnaia menjadi juara pada sesi sprint race MotoGP Emilia Romagna 2024, Sabtu 21 September 2024. Pembalap Ducati ini berhasil mendominasi jalannya balapan. Baca Juga: Susunan Lengkap Pembalap MotoGP 2025 Usai Jack...

Pabrik Baterai Mobil Listrik Wuling akan Dibangun di Indonesia

Sabtu, 21 September 2024 - 13:37 WIB Jakarta, VIVA – Dalam upaya untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin di pasar mobil listrik Indonesia, Wuling Motor berencana untuk memulai produksi baterai lokal pada akhir tahun ini. Baca Juga : BYD Kalahkan Wuling hingga Hyundai...

Pembalap MotoGP 2025 Melengkapi Susunan Tim Setelah Jack Miller Bergabung dengan Pramac Racing

Jumat, 20 September 2024 - 22:33 WIB Jakarta, VIVA – Susunan pembalap MotoGP 2025 akhirnya resmi lengkap setelah Jack Miller resmi bergabung dengan Pramac Racing untuk musim depan. Di mana, Pramac Racing akan menjadi tim satelit untuk Yamaha. Baca Juga : MotoGP...

Kategori Berita