Saturday, September 21, 2024

Pecco Bagnaia Keluar Sebagai...

Sabtu, 21 September 2024 - 20:54 WIB Jakarta, VIVA – Francesco Bagnaia menjadi juara...

SF Hariyanto Berjanji Menaikkan...

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto berjanji untuk meningkatkan tunjangan penghasilan Kepala...

Pabrik Baterai Mobil Listrik...

Sabtu, 21 September 2024 - 13:37 WIB Jakarta, VIVA – Dalam upaya untuk memperkuat...

Prabowo Subianto Bertemu dengan...

Manila — President-elect of Indonesia and current Minister of Defense, Prabowo Subianto, paid...
HomeOtomotifBerhati-hatilah dengan Harga...

Berhati-hatilah dengan Harga Murah, Karena Kampas Rem Palsu Dapat Menyebabkan Bahaya pada Motor Anda

Sabtu, 31 Agustus 2024 – 12:09 WIB

Kampas rem adalah salah satu spare part yang termasuk dalam kategori fast moving, yang artinya perlu diganti secara cepat karena penggunaan sepeda motor. Hal ini wajar terjadi karena kampas rem bisa habis akibat gesekan.

Kampas rem bekerja dengan cara gesekan antara dua sisi kampas rem dengan piringan cakram. Saat pedal atau handle rem ditekan, master silinder akan mengalirkan minyak rem untuk mendorong piston di kaliper. Piston ini akan menekan kampas rem agar menjepit piringan cakram dan menghentikan laju kendaraan. Oleh karena itu, tugas kampas rem sangat vital karena menentukan seberapa efektif rem kendaraan tersebut.

Kampas rem merupakan komponen yang berfungsi untuk menekan piringan atau tromol dan menghentikan laju kendaraan. Gesekan yang terjadi akan membuat kampas rem semakin menipis seiring waktu.

Untuk mencari kampas rem, pengguna motor bisa melakukan pergantian di bengkel resmi atau bengkel umum. Namun, perlu diingat bahwa kampas rem palsu seringkali beredar di pasaran dengan harga yang lebih murah dari kampas rem asli. Meskipun kampas rem palsu ini menyerupai kampas rem asli dari segi kemasan, bentuk, dan hologram yang menempel di kemasan, namun kualitasnya dapat merugikan pengguna.

Kampas rem palsu memiliki struktur material yang lebih keras daripada kampas rem original, sehingga dapat menyebabkan piringan cakram terkikis. Gesekan antara kampas rem palsu dengan cakram juga dapat menyebabkan bunyi abnormal saat pengereman, yang bisa mengganggu pengendara. Meskipun kampas rem palsu mungkin lebih awet, namun tingkat keefektifan pengereman tidak sebaik kampas rem asli.

Kampas rem asli cenderung lebih empuk dan bisa bekerja dengan optimal, memberikan daya cengkram yang lebih baik pada saat pengereman. Oleh karena itu, hindarilah penggunaan kampas rem palsu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan berkendara Anda.

Source link

Semua Berita

Pecco Bagnaia Keluar Sebagai Pemenang Sprint Race MotoGP Emilia Romagna 2024, Marquez Tidak Mampu Meraih Podium

Sabtu, 21 September 2024 - 20:54 WIB Jakarta, VIVA – Francesco Bagnaia menjadi juara pada sesi sprint race MotoGP Emilia Romagna 2024, Sabtu 21 September 2024. Pembalap Ducati ini berhasil mendominasi jalannya balapan. Baca Juga: Susunan Lengkap Pembalap MotoGP 2025 Usai Jack...

Pabrik Baterai Mobil Listrik Wuling akan Dibangun di Indonesia

Sabtu, 21 September 2024 - 13:37 WIB Jakarta, VIVA – Dalam upaya untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin di pasar mobil listrik Indonesia, Wuling Motor berencana untuk memulai produksi baterai lokal pada akhir tahun ini. Baca Juga : BYD Kalahkan Wuling hingga Hyundai...

Pembalap MotoGP 2025 Melengkapi Susunan Tim Setelah Jack Miller Bergabung dengan Pramac Racing

Jumat, 20 September 2024 - 22:33 WIB Jakarta, VIVA – Susunan pembalap MotoGP 2025 akhirnya resmi lengkap setelah Jack Miller resmi bergabung dengan Pramac Racing untuk musim depan. Di mana, Pramac Racing akan menjadi tim satelit untuk Yamaha. Baca Juga : MotoGP...

Kategori Berita