Monday, October 28, 2024

Cerita Inspiratif Pemuda Indonesia...

Cerita Inspiratif Pemuda Indonesia di Masa Kemerdekaan: Meneladani Semangat Juang. Kemerdekaan Indonesia bukan...

Signifikansi ospek militeristik dalam...

Kegiatan "ospek" para menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih resmi dibuka di...

Peluncuran Resmi Space Pool...

Space Pool Billiard & Cafe telah resmi beroperasi di Jalan Raja Haji Fisabililah,...

Prabowo Subianto Memimpin Para...

Magelang — President Prabowo Subianto emphasized the principle of exemplary leadership, known as...
HomeBeritaBijaklah PHR dengan...

Bijaklah PHR dengan I-WISE untuk Meremajakan Lapangan Tua Blok Rokan

Nusaperdana.com, Pekanbaru – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) terus berusaha meningkatkan produksi minyak dan melakukan efisiensi proses di Blok Rokan. Sebuah tim anak muda PHR berhasil mengembangkan teknologi bernama i-WISE (Integrated-Waterflood & Infill Simplified Evaluator), sebuah platform digital yang dirancang untuk mengevaluasi dengan cepat dan akurat dalam menentukan kandidat lapangan primer untuk menerapkan metode waterflood.

Proyek pertama hasil analisis i-WISE adalah penerapan proyek waterflood baru di lapangan eksisting Pager di Rokan Hilir, yang dimulai pada akhir 2023. Hasilnya, terjadi peningkatan produksi sebanyak 1180 barel minyak per hari (BOPD) atau 42% lebih tinggi dari total produksi sebelumnya, dengan nilai tambah sebesar 29 miliar rupiah. “Angka produksi ini setara dengan hasil produksi lapangan Pager belasan tahun lalu,” ujar Andre Wijanarko, EVP Bisnis Hulu PHR.

Selain itu, tambah Andre, hasil evaluasi i-WISE juga dapat menjadi solusi dalam mengurangi jumlah air yang diproduksi dari fasilitas produksi, optimalisasi pemanfaatan sumur idle sebagai sumur injeksi, serta mempercepat waktu evaluasi lapangan kandidat waterflood hingga 9 bulan lebih cepat dibandingkan cara konvensional.

Secara sederhana, waterflood adalah teknik injeksi air ke dalam reservoir minyak untuk memberikan tambahan energi pendorong minyak keluar. Metode ini sangat efektif untuk meningkatkan produksi dan faktor perolehan di lapangan minyak primer yang secara alami akan terus menurun tekanannya. Namun, memilih lapangan yang tepat untuk menerapkan waterflood memerlukan analisis yang sangat kompleks.

PHR berencana untuk terus mengembangkan dan memperluas penggunaan i-WISE di seluruh Blok Rokan. Inovasi-inovasi ini, jelas Andre, adalah cermin dari upaya tanpa lelah para pekerja PHR untuk terus meningkatkan produksi dan berkontribusi pada ketahanan energi nasional.

TENTANG PHR WK ROKAN

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) adalah salah satu anak perusahaan Pertamina yang bergerak di bidang usaha hulu minyak dan gas bumi di bawah Subholding Upstream, PT Pertamina Hulu Energi (PHE). PHR didirikan pada tanggal 20 Desember 2018.

Pertamina dipercayakan oleh Pemerintah Indonesia untuk mengelola Wilayah Kerja Rokan sejak 9 Agustus 2021. Pertamina menunjuk PHR untuk melakukan proses pengalihan pengelolaan dari operator sebelumnya. Proses transisi berlangsung dengan lancar. PHR akan terus mengelola WK Rokan selama 20 tahun, mulai dari 9 Agustus 2021 hingga 8 Agustus 2041.

Wilayah operasi WK Rokan seluas sekitar 6.200 km2 dan berada di 7 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Terdapat 80 lapangan aktif dengan 11.300 sumur dan 35 stasiun pengumpul. WK Rokan merupakan produsen seperempat minyak mentah nasional atau sepertiga produksi Pertamina. Selain memproduksi minyak dan gas untuk negara, PHR juga mengelola program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan fokus pada pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat, dan lingkungan.

Semua Berita

Peluncuran Resmi Space Pool Billiard & Cafe dengan Meja Standar Internasional

Space Pool Billiard & Cafe telah resmi beroperasi di Jalan Raja Haji Fisabililah, Kelurahan Seijang, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang, pada Kamis (24/10/2024). Acara peresmian dihadiri oleh keluarga, teman, rekan kerja, dan warga setempat. Di sepanjang jalan, terlihat banyak...

Ade Agus Hartanto: Abdul Wahid adalah Pemimpin Ideal untuk Menyelesaikan Masalah di Riau

Nusaperdana.com, INDRAGIRI HULU. - Ribuan warga memadati lapangan tempat kampanye kedua Calon Gubernur Abdul Wahid di Indragiri Hulu. Hal tersebut menunjukkan komitmen masyarakat desa Bongkal Malang Kelayang dalam mendukung Abdul Wahid, Jumat (25/10/24) malam. Dalam momen yang penuh semangat ini,...

Ketua DPRD Bengkalis Menghadiri Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Provinsi Riau

Ketua DPRD Septian Nugraha menghadiri rapat paripurna pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Provinsi Riau Masa Jabatan 2024 - 2029, dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Prov. Riau di Pekanbaru, Kamis (24/10/2024). Adapun nama-nama Pimpinan DPRD Provinsi Riau yang resmi pengangkatannya...

Kategori Berita