Saturday, September 21, 2024

Tottenham Hotspur: Sejarah, Prestasi,...

Tottenham Hotspur, klub sepak bola ternama asal London Utara, telah menorehkan jejak panjang...

Silmy Karim: Tokoh Penggerak...

Silmy Karim, seorang tokoh berpengaruh di industri pertambangan dan energi Indonesia, telah menorehkan...

Tidak Hanya di Kabupaten...

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bengkalis, Aready, merespons keterlambatan...

Pecco Bagnaia Keluar Sebagai...

Sabtu, 21 September 2024 - 20:54 WIB Jakarta, VIVA – Francesco Bagnaia menjadi juara...
HomeOtomotifVideo Toyota Calya...

Video Toyota Calya Terperangkap di Lumpur, Tips Aman untuk Menyelamatkannya

Jumat, 26 April 2024 – 21:00 WIB

Jakarta – Jalan berlumpur seringkali menjadi momok yang menakutkan untuk para pengguna kendaraan. Medan ini bisa meningkatkan risiko motor maupun mobil jadi tergelincir atau terjebak hingga susah keluar dari lumpur tersebut.

Baca Juga :

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Baru-baru ini, terdapat sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan mobil Toyota Calya terjeblos di dalam sebuah jalan yang berlumpur.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram Lowslowmotif pada Jumat, 26 April 2024, dalam video terlihat mobil LCGC dengan kapasitas tujuh penumpang itu sedang berusaha keluar dari jeratan jalanan lumpur tersebut.

Baca Juga :

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Ada juga yang mengatakan kalau melewati jalanan berlumpur, sebaiknya jangan menggunakan kendaraan penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD).

Baca Juga :

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Dalam video, suara raungan dari mesin 1.200 cc ini sangat terdengar jelas saat berusaha untuk melewati jalan lumpur.

Melihat tayangan ini, para warganet memberikan komentar. Banyak yang menyampaikan agar pengendara mobil Toyota Calya tetap semangat untuk lolos dari jebakan lumpur.

“Semangat bang, dikit lagi lolos itu, bejek terus aja gasnya sampe dol,” kata warganet.

“Keanehan orang konohan yah gini, mobil 4wd dipake nya di kota aja, mobil Fwd sama Rwd malah dipake offroad,” tulis netizen.

“Nah itulah kenapa.. jangan pake FWD kalo lewat lumpur,” kata satu netizen.

“Tunggu sampai kering. Baru bisa jalan tuh mobil,” kata pengguna Instagram.

“Itu bukan area LCGC seharusnya bawa pelan tapi ada di sebelah kanan,” tutur netizen lain.

Sebagai informasi tambahan, ada beberapa tips agar sebuah mobil bisa melewati jalanan berlumpur dengan aman, seperti berikut ini dilansir dari laman Astra Daihatsu.

1. Perkirakan Kedalaman Daerah Lumpur

Jika jalanan hanya sedikit berlumpur pada permukaannya, itu tidak menjadi masalah. Namun, jika pengendara mobil menghadapi lumpur yang sangat tebal, sebaiknya bersiap dengan memasukkan kayu sebagai percobaan. 

Meskipun ada kemungkinan perbedaan setelah jarak tertentu, sang pengendara telah bersiap menghadapi jalanan yang berlumpur.

2. Berkendara Dengan Kecepatan Rendah

Melewati medan berlumpur memiliki tantangan dengan tingginya risiko tergelincir atau slip. Ban cenderung berputar tanpa mampu mendorong kendaraan maju atau mundur. Tingkat slip meningkat dengan kecepatan kendaraan. Untuk mengatasi ini, disarankan untuk menurunkan kecepatan saat melewati lumpur. 

Beberapa orang menyarankan menggunakan persneling pertama dengan rpm rendah, namun jika beban angkutannya terlalu ringan, lebih baik menggunakan persneling kedua. 

Mulai dari persneling kedua dapat memberikan dorongan yang lebih stabil dan kecepatan rendah yang cocok untuk melewati jalanan berlumpur.

3. Aktifkan Traction Control

Kendaraan mobil dapat memiliki traction control dalam dua tipe yaitu aktif secara otomatis dan secara manual. Sebelumnya, pastikan Anda tahu jenis mode yang digunakan. 

Traction control berperan penting dalam menjaga stabilitas roda dan mencegah tergelincir saat melewati jalanan berlumpur. 

Sistem traction control bekerja dengan memantau kecepatan roda dan mencegah roda-roda kendaraan agar tidak selip atau tergelincir saat akselerasi, khususnya pada permukaan jalan yang licin seperti es, lumpur, atau saat hujan.

Halaman Selanjutnya

“Semangat bang, dikit lagi lolos itu, bejek terus aja gasnya sampe dol,” kata warganet.

Source link

Semua Berita

Pecco Bagnaia Keluar Sebagai Pemenang Sprint Race MotoGP Emilia Romagna 2024, Marquez Tidak Mampu Meraih Podium

Sabtu, 21 September 2024 - 20:54 WIB Jakarta, VIVA – Francesco Bagnaia menjadi juara pada sesi sprint race MotoGP Emilia Romagna 2024, Sabtu 21 September 2024. Pembalap Ducati ini berhasil mendominasi jalannya balapan. Baca Juga: Susunan Lengkap Pembalap MotoGP 2025 Usai Jack...

Pabrik Baterai Mobil Listrik Wuling akan Dibangun di Indonesia

Sabtu, 21 September 2024 - 13:37 WIB Jakarta, VIVA – Dalam upaya untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin di pasar mobil listrik Indonesia, Wuling Motor berencana untuk memulai produksi baterai lokal pada akhir tahun ini. Baca Juga : BYD Kalahkan Wuling hingga Hyundai...

Pembalap MotoGP 2025 Melengkapi Susunan Tim Setelah Jack Miller Bergabung dengan Pramac Racing

Jumat, 20 September 2024 - 22:33 WIB Jakarta, VIVA – Susunan pembalap MotoGP 2025 akhirnya resmi lengkap setelah Jack Miller resmi bergabung dengan Pramac Racing untuk musim depan. Di mana, Pramac Racing akan menjadi tim satelit untuk Yamaha. Baca Juga : MotoGP...

Kategori Berita