Monday, October 28, 2024

Cerita Inspiratif Pemuda Indonesia...

Cerita Inspiratif Pemuda Indonesia di Masa Kemerdekaan: Meneladani Semangat Juang. Kemerdekaan Indonesia bukan...

Signifikansi ospek militeristik dalam...

Kegiatan "ospek" para menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih resmi dibuka di...

Peluncuran Resmi Space Pool...

Space Pool Billiard & Cafe telah resmi beroperasi di Jalan Raja Haji Fisabililah,...

Prabowo Subianto Memimpin Para...

Magelang — President Prabowo Subianto emphasized the principle of exemplary leadership, known as...
HomePolitikPertanyaan tentang para...

Pertanyaan tentang para mantan anggota TNI/Polri dalam kabinet Prabowo

Belasan purnawirawan TNI dan Polri telah diangkat sebagai menteri dan wakil menteri dalam Kabinet Merah-Putih. Presiden Prabowo Subianto menunjuk setidaknya 9 purnawirawan dari TNI dan 5 purnawirawan dari Polri untuk mengisi posisi tersebut.

Beberapa di antaranya masih merupakan mantan pejabat. Misalnya, mantan Wakapolri Budi Gunawan yang sekarang menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan. Begitu juga dengan Tito Karnavian, mantan Kapolri yang kembali menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

Di antara purnawirawan TNI yang diangkat sebagai menteri adalah Menko Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, Menteri Luar Negeri Sugiono, dan Menteri Transmigrasi Iftitah Sulaiman.

Sedangkan untuk posisi wakil menteri, di antaranya adalah Wamenkopolkam Lodewijk Friederich Paulus, Wamensetneg Bambang Eko Suharyanto, Wamenhan Donny Ermawan, Wamen Kelautan dan Perikanan Didit Herdiawan, dan Wamen Agrartia dan Tata Ruang (ATR) atau Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ossy Dermawan.

Menurut analis politik dari Universitas Diponegoro, Yoga Putra Prameswari, penunjukan para purnawirawan sebagai menteri dan wamen merupakan bagian dari strategi politik akomodasi Prabowo untuk mempertahankan stabilitas pemerintahan. Hal ini juga sebagai konsekuensi dari pembentukan koalisi gemuk yang dilakukan Prabowo pada Pilpres 2024.

Yoga menekankan bahwa pemerintahan Prabowo-Gibran memerlukan stabilitas untuk mengeksekusi program-program kampanye yang dianggap penting, seperti program makanan bergizi gratis dan peningkatan pertumbuhan ekonomi. Ia juga berharap para purnawirawan tersebut dapat membuktikan kapasitas dan kepemimpinan mereka dalam memimpin kementerian masing-masing.

Source link

Semua Berita

Signifikansi ospek militeristik dalam kabinet Prabowo di Lembah Tidar

Kegiatan "ospek" para menteri dan wakil menteri Kabinet Merah Putih resmi dibuka di Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10). Menggunakan pesawat Hercules, para menteri dan wakil menteri diberangkatkan dari Halim Perdana Kusuma, Jakarta, sehari sebelumnya. "Banyak sesi-sesi penting...

Mobilisasi Kepala Desa yang Meningkat di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah…

Aroma kecurangan mulai tercium di Pilgub Jawa Tengah 2024. Baru-baru ini, Paguyuban Kepala Desa (PKD) Kabupaten Pemalang diduga dirombaki untuk mengarahkan dukungan kepada pasangan calon nomor urut 2, Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen (Luthfi-Taj) dalam sebuah pertemuan di Hotel Grand...

Di Balik Popularitas Meningkatnya Pram-Doel di Pemilihan Gubernur DKI

Calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) DKI Jakarta Ridwan Kamil-Suswono (Rido) tidak lagi dominan dalam Pilgub DKI. Hasil dari survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis belum lama ini menunjukkan elektabilitas Rido dikalahkan oleh pasangan Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Rano). Menurut...

Kategori Berita